0362 - 3310375
kabbulelengtp.pkk@gmail.com
Sekretariat PKK

PKK Bongancina Juara HKG,Siswa Smp Dapat Imunisasi Cegah Kanker Serviks

Admin pkk | 31 Desember 2014 | 848 kali

Di penghujung tahun ini, TP.PKK Desa Bongancina Kecamatan Busungbiu patut berbangga karena ditetapkan sebagai juara satu dalam Lomba HKG-PKK-KB Kes Tingkat Kabupaten Buleleng 2014. Penyerahan penghargaan dan uang pembinaannya dilakukan di rumah jabatan bupati, hari Selasa,30/12. Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Ibu ke- 86 itu dilakukan juga sosialisasi pencegahan kanker serviks serta imunisasi cegah kanker serviks bagi sembilan puluh enam  siswa remaja perempuan SMPN 5 Singaraja secara gratis.
Ketua TP.PKK Buleleng,Ny.Aries Suradnyana yang didampingi Wakil Ketua TP.PKK.Buleleng,Ny.Wardhani Sutjidra mengatakan  salah satu pencegahan kanker serviks adalah melalui sosialisasi dan imunisasi HPV. Vaksin HPV aman dan efektif untuk mencegah kanker serviks, terlebih jika diberikan sejak usia remaja perempuan yang baru pertama kali mengalami datang bulan. Pemberiannya dilakukan sebanyak tiga dosis dalam waktu enam bulan. Diharapkan pemberian imunisasi HPV ini dapat mengurangi resiko kanker serviks di Kabupaten Buleleng. Disampaikan juga, program serupa akan dilakukan dimasa mendatang oleh TP.PKK Buleleng bekerjasama dengan instansi terkait. Karena keterbatasan dana pemerintah, Aries Suradnyana menghimbau para orangtua yang mampu agar berpartisipasinya mengajak putrinya melakukan vaksin dengan biaya sendiri. 
Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang membuka kegiatan itu, menyambut baik kegiatan ini,karena bermanfaat untuk mencegah penyakit mematikan kanker leher rahim. Dihimbau juga agar para orangtua mengajak putrinya melakukan pencegahan kanker serviks melalui imunisasi. Sedangkan untuk para pemenang lomba HKG-PKK-KB dan Kes, ke depannya Bupati akan memperhatikan dengan mensinkronisasikan bantuan hibah Bupati dengan potensi desa setempat sehingga bermanfaat dengan baik. “Dengan berhasilnya meraih hadiah, berarti semangat partisisipasi masyarakat desa sangat besar sehingga perlu dibantu melalui dana hibah stimulan yang sesuai dengan potensi agar tepatsasaran,” ucapnya.
Selain menobatkan PKK Bongancina sebagai juara satu, diumumkan juga dalam lomba HKG-PKK-KB-Kes tingkat Buleleng itu, tampil juara dua, TP.PKK Desa Kayuputih Kecamatan Banjar,disusul TP.PKK.Desa Kalianget Kecamatan Seririrt, selanjutnya urutan keempat diraih oleh TP.PKK.Desa Bebetin Kecamatan Sawan. (AgsT-st)
Berita Terpopuler
Tidak ada data