Gemarikan Sambangi Danau Tamblingan

  • Admin Pkk
  • 08 Juli 2019
  • Dibaca: 167 Pengunjung

Dalam rangkaian acara Twin Lake Festival ke-6 Tahun 2019, Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), kegiatan yang mengikutsertakan 150 siswa-siswi yang berasal dari 3 sekolah dasar yang terdapat di Desa Munduk, yaitu SDN 2 Munduk, SDN 3 Munduk, dan SDN 6 Munduk itu bertempat di tepi Danau Buyan, Kamis (4/7).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan Made Arnika menyebutkan tujuan dari diadakannya Gemarikan adalah untuk memberikan informasi dan menanamkan pengertian sejak dini kepada anak sekolah tentang pentingnya makan ikan dan manfaatnya bagi tubuh. Selain itu juga memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memilih ikan segar dan olahan ikan yang bermutu. Hasilnya adalah dapat meningkatkan tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Buleleng khususnya di daerah terpencil yang jauh dari produsen ikan, tentunya ditunjang dengan pemerataan distribusi dan pelancaran pemasaran ikan.

Kegiatan ini dibuka dengan suapan pertama kepada siswa-siswi, dilakukan oleh Kepala dan Sekretaris Dinas Perikanan, serta hadirin antara lain Perbekel Munduk, Camat Banjar, Koordinator Disdikpora, dan para Kepala Sekolah. Kemudian diisi dengan bernyanyi mars Gemarikan, pembacaan puisi dan kuis seputar ikan yang diikuti oleh siswa-siswi.

Gemarikan ini disambut baik oleh pihak sekolah, hal ini diungkapkan oleh Wayan Batin selaku Kepala Sekolah SDN 3 Munduk. Ia melanjutkan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menarik bagi siswa-siswinya karena selain mendapat pengetahuan, mereka juga dapat bermain dan berkreativitas bersama teman-temannya. Ke depannya, Batin juga akan terus mensosialisasikan Gemarikan ini ke seluruh siswa-siswi di sekolahnya.

Untuk diketahui, Gemarikan merupakan salah satu implementasi dari program Gubernur Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang sehat, kuat, dan cerdas berupa  pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah (cnd)

 

Sumber:

https://bulelengkab.go.id/detail/berita/gemarikan-sambangi-danau-tamblingan-17

Share Post :